Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Setiap manusia pasti mendambakan tubuh yang bersih dan sehat. Karena, apabila setiap manusia mempunyai tubuh yang bersih dan sehat, setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan akan berjalan dengan optimal. Namun, terkadang hal itu sulit terlaksana karena berbagai situasi yang kurang memungkinkan. Penerapan pola hidup bersih dan sehat adalah kuncinya. Pola hidup bersih dan sehat perlu diterapkan. Mengingat banyak orang yang sangat lalai dalam menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya. Padahal, kelalaian itu akan berdampak besar bagi dirinya sendiri dan orang banyak.

Banyak faktor penunjang agar hidup kita dapat sehat. Salah satunya ditopang dengan lingkungan yang bersih. Dapat dikatakan keduanya bagaikan dua sisi mata uang logam yang berbeda, analoginya mau sehat harus bersih dan mau bersih maka akan sehat.

Pola hidup bersih dan sehat harus mulai diterapkan dari ruang lingkup yang kecil seperti keluarga. Mulai dari membersihkan badan secara teratur dan penerapan cuci tangan yang bersih, dll. Ditanamkannya perilaku hidup yang bersih dan sehat sejak dini dalam keluarga dapat menciptakan keluarga yang sehat. Apabila pola hidup bersih dan sehat mulai diterapkan di dalam keluarga, maka hal itu dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam penerapan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara keluarga merupakan unsur terkecil namun mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas dan mutu bangsa tersebut. Termasuk mutu dalam kesehatan. Bangsa yang sehat adalah bangsa yang memiliki derajat kesehatan masyarakat yang tinggi. Derajat kesehatan masyarakat yang tinggi akan meningkatkan produktivitas bangsa tersebut.

Yang sering menjadi permasalahan adalah bagaimana cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat terutama di dalam keluarga? Mengapa pola hidup bersih harus diterapkan di dalam keluarga? Dan, mengapa pola hidup bersih dan sehat menjadi cerminan pribadi bangsa.

Hidup Bersih Dan Sehat Cerminan Pribadi Bangsa

Bersih dan sehat adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Apabila kita ingin bersih maka akan menjadi sehat. Apabila kita ingin sehat maka kita harus bersih terlebih dahulu. Karena kesehatan akan terwujud dari kebersihan. Motto “kebersihan adalah pangkal kesehatan” tak akan pernah lekang karena panas.

Hidup bersih dan sehat adalah dambaan setiap manusia. Karena semua kegiatan dan aktivitas manusia di dunia ini sangat bergantung pada kebersihan dan kesehatan. Sebagai contoh, apabila kita tidak bersih dalam merawat tubuh kita maka kesehatan kita akan terganggu dan akan mengakibatkan terserang penyakit.

Pola hidup bersih adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan untuk mewujudkan suatu nilai kebersihan pada diri. Hal ini menyangkut tingkat kesadaran tiap individu akan kebersihan. Apabila seorang individu telah sadar akan pentingnya suatu kebersihan, maka pola hidup bersih akan ia terapkan. Sebaliknya, apabila tingkat kesadaran akan kebersihan seorang individu rendah, maka pola hidup bersih akan jauh dari dirinya. Sama halnya dengan pola hidup sehat, pola hidup sehat adalah suatu kegiatan yang biasa dilakukan untuk mewujudkan suatu nilai kesehatan pada diri. Untuk mewujudkan suatu nilai kesehatan, harus berkaitan dengan kebersihan. Nilai pokok dari kesehatan adalah kebersihan. Sehat akan terwujud apabila kebersihan telah diterapkan.

Contoh pola hidup bersih antara lain menjaga kebersihan diri sendiri, membersihkan lingkungan dengan baik, dan buang air kecil dan besar pada tempatnya. Contoh pola hidup sehat antara lain tidak merokok, sarapan pagi, makan buah dan sayur, cuci tangan, gosok gigi, dan rajin berolahraga. Namun, terkadang banyak orang yang lalai dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Tanpa disadari, penerapan pola hidup bersih dan sehat akan berdampak pada kelangsungan hidup kita. Seperti hal kecil saja yaitu menggosok gigi sebelum tidur, mencuci tangan dan kaki. Hal-hal seperti itu adalah perwujudan pola hidup bersih dan sehat yang lama telah kita tinggalkan. Oleh karena itu, setiap orang penting untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Penerapan pola hidup yang bersih dan sehat harus diajarkan sedini mungkin, sehingga akan terbiasa di kemudian hari.

Penerapan pola hidup bersih dan sehat harus dimulai dari unit yang terkecil, yaitu dari dalam keluarga. Keluarga mempunyai peranan penting untuk membentuk suatu individu. Keluarga adalah satuan yang harus terlibat dalam penerapan pola dan sikap seorang individu. Keluarga merupakan suatu wadah untuk memberikan kesadaran akan pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Penerapan yang harus dilakukan di dalam keluarga di antaranya adalah membersihkan diri dengan baik dalam arti mandi, mencuci tangan dengan sabun, membersihkan pakaian, buang air kecil dan buang air besar yang bersih dan teratur, olahraga yang teratur, pola makan yang baik, dll. Salah satu manfaatnya adalah, cuci tangan memakai sabun dapat menurunkan angka kejadian diare hingga 47 persen. Ini penting karena setiap tahun masih ada kejadian diare luar biasa atau muntaber yang menelan korban jiwa. Unicef melaporkan, setiap detik satu anak meninggal karena diare. Ini membuktikan bahwa memang sangat penting menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat di dalam keluarga di antaranya adalah:

  1. Selalu membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, sebelum tidur, sebelum dan sesudah melakukan aktivitas
  2. Menggosok gigi secara teratur
  3. Berolahraga dengan rutin dan teratur
  4. Biasakan membuang sampah pada tempatnya
  5. Mandi minimal 2 kali dalam sehari
  6. Menjaga kebersihan saat buang air kecil dan buang air besar
  7. Istirahat yang cukup
  8. Makan makanan yang bergizi dan teratur
  9. Meminum air yang bersih dan telah dimasak
  10. Hindari merokok, minum minuman beralkohol, memakai narkoba.

Penerapan tersebut hendaknya dilakukan mengingat semua itu adalah kegiatan sehari-hari yang biasa kita jalani. Banyak hal positif yang dapat kita rasakan setelah kita menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Seperti, dapat terhindar dari bahaya penyakit. Sebab, hal itu adalah salah satu dampak terpenting apabila pola hidup bersih dan sehat tidak dijalankan. Contohnya, apabila kurang istirahat, tubuh akan kelelahan, anti body akan menurun dan menyebabkan mudahnya penyakit untuk menyerang tubuh kita.

Kasus di Indonesia, wabah penyakit diare adalah salah satu contoh dari kurangnya kesadaran dalam berpola hidup bersih dan sehat. Meminum air yang tidak bersih dan belum dimasak dan kurangnya gizi adalah faktornya. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization menyatakan Setiap tahun 100.000 anak Indonesia meninggal akibat diare. Data Departemen Kesehatan mengatakan di antara 1000 penduduk terdapat 300 orang yang terjangkit penyakit diare. Itu menggambarkan bahwa di Indonesia tingkat kesadaran akan pola hidup bersih dan sehat sangatlah rendah.
Apabila setiap anggota di dalam keluarga menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti yang tertera di atas, maka keluarga tersebut dapat dikatakan sebagai keluarga sehat, mengingat semua anggota keluarga menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Apabila terus menerus diterapkan, maka setiap keluarga di Indonesia khususnya, akan menjadi keluarga sehat. Sebab, keluarga adalah satuan unit terkecil dari suatu bangsa. Keluarga yang sehat dapat membentuk masyarakat, desa dan kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi dan akhirnya bangsa yang sehat. Jadi, dimulainya pola hidup bersih dan sehat yang dilakukan oleh setiap individu di keluarga akan membentuk suatu keluarga yang sehat dan dapat mencerminkan bangsa yang sehat. Apabila pola hidup bersih dan sehat terus dilakukan , kualitas dan mutu suatu bangsa dalam hal kesehatan akan baik. Pribadi bangsa pun akan harum mengingat unit-unit keluarga di dalamnya telah mengerakkan pola hidup sehat yang menjadikan keluarga tersebut adalah keluarga yang sehat. Pemerintah adalah salah satu elemen terpenting didalam negara yang harus berperan dalam meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Yang harus dilakukan pemerintah antara lain menggalakkan gerakan bersih dan sehat, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan membuat peraturan atau undang-undang yang berkaitan dengan penerapan pola hidup sehat dan bersih.

Berdasarkan hal tersebut, cerminan pribadi bangsa dapat dilihat dari pola hidup bersih yang dijalankan setiap anggota masyarakat, khususnya di dalam anggota keluarga. Nilai kesehatan dalam suatu bangsa pun akan baik, mengingat setiap keluarganya berperilaku hidup bersih dan sehat. Otomatis, derajat suatu bangsa akan terangkat tinggi dengan kualitas kebersihan dan kesehatan yang tercermin dari unsur terkecil, keluarga.

Menjaga Kesehatan sangatlah penting dalam kehidupan sebab itu adalah langkah yang baik untuk menjalani seluruh aktivitas dalam mencapai tujuan hidup ,jika kesehatan terganggu maka akan mempengaruhi seluruh hasil yang akan kita dpatkan juga dalam mencapai tujuan hidup nantinya.

 

Cara terbaik menjaga kesehatan
Satu Satunya sesuatu yang berharga di dunia ini selain kehormatan adalah kesehatan, untuk itu kita jangan malas untuk menjaga kesehatan apalagi menyia nyiakan dengan cara melakukan sesuatu yang bisa merusak kesehatan, banyak orang demi kesenangan tak segan segan merusak kesehatan dengan cara minim alcohol,yabu, zina, mencuri dll, perlu di ingat juga bahwa kesehatan itu bukan sekedar kesehatan fisik saja tapi juga kesehatan hati pikiran ekonomi sosial moral dan ritual, nah berikut ini ada beberapa tips bagaiamana cara menjaga kesehatan yang baik dan sederhana.
Memiliki tubuh dan badan yang sehat seumur hidup adalah dambaan setiap orang. Namun situasi dan kondisi lingkungan sekitar kita serta bervariasinya daya tubuh seseorang terhadap penyakit membuat hal impian tersebut sulit untuk dicapai. Semua orang pasti pernah sakit, namun resiko sakit dapat diminimalkan atau dikurangi resikonya dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

  1. Istirahat / Tidur
    Waktu yang diperlukan manusia normal untuk tidur kurang lebih 8 jam sehari atau sepertiga hari. Waktu tidur akan bertambah sesuai usia, di mana bayi, anak kecil dan manula membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari orang dewasa dan anak muda. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan energi di dalam tubuh, sehingga dapat menghindarkan diri kita dari berbagai serangan penyakit yang merugikan.
    2. Makanan
    Makanlah makanan yang bergizi secara teratur, tidak berlebihan dan tidak kurang. Kelebihan makanan dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang akhirnya menimbulkan penyakit kencing manis yang sangat berbahaya. Kekurangan makan juga dapat menyebabkan kurang gizi, darah rendah, lesu, dan sebagainya. Perhatikan pula kandungan gizi sesuai takaran yang wajar, karena berlebihan suatu zat tidak baik untuk kesehatan.
    3. Kondisi Psikis / Psikologi
    Jangan terlalu stres dengan berbagai hal dalam hidup anda. Buat apa susah, lebih baik kita bergembira. Jika pekerjaan anda membuat anda stres dan pusing tujuh keliling terus-menerus maka sebaiknya anda mulai mencari peluang bisnis atau pekerjaan lain yang tidak banyak membuat anda stres. Bila anda punya masalah ada baiknya anda bicarakan dengan orang lain yang dekat dengan anda. Beban psikis dan pikiran dapat mempengaruhi daya tahan tubuh yang efeknya dapat mengundang penyakit jasmaniah dan rohaniah. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Luangkan waktu anda untuk sesuatu yang menyenangkan bagi diri anda sendiri dan jangan sekali-kali lari ke minuman keras dan narkoba.
    4. Daya Tahan Tubuh
    Tingkatkan daya tahan tubuh anda dengan mengkonsumsi berbagai makanan atau minuman alami yang dapat menangkis serangan kuman dan penyakit. Membiasakan diri dengan jamu-jamuan tradisional atau sering minum teh kental pahit setiap hari dapat mengingkatkan zat anti oksidan dalam tubuh untuk melenyapkan zat radikal bebas dari alam sekitar yang merugikan kesehatan kita.
    5. Ekonomi Finansial
    Memiliki penghasilan yang cukup untuk keperluan sehari-hari dan tabungan untuk masa depan yang halal akan membuat hidup anda tenang lahir dan batin. Jika anda masih berjuang dengan kebutuhan dasar maka rubahlah pola pikir anda. Bekerja sama dengan istri, suami atau kawan anda untuk merintis sebuah usaha yang memiliki peluang serta prospek yang baik, siapa tahu bisa sukses dan membuat anda terbebas dari masalah finansial. Jangan hidup boros, dan mulailah hidup sederhana walaupun penghasilan anda besar.
    6. Sosial
    Hiduplah yang rukun dengan tetangga anda di lingkungan sekitar anda. Perbanyak teman dan relasi serta jauhi permusuhan dan segala sifat dan sikap buruk pada orang lain. Istilahnya seribu teman masih kurang, satu musuh kebanyakan.sudah kebanyakan. Memiliki hubungan yang baik dengan para tetangga dan saudara sangat menguntungkan bagi anda, karena mereka dapat menolong anda sewaktu-waktu anda membutuhkannya. Pemilihan teman juga sangat penting. Pilihlah teman yang baik-baik yang bisa membantu anda dan tidak akan menjerumuskan atau merugikan anda. Timbal balik pun juga penting, di mana anda harus memberikan bantuan pada orang lain yang membutuhkan pertolongan. Kehidupan sosial yang baik dan sehat dapat membuat anda rileks dan dapat mengurangi resiko terkena gangguan kejiwaan baik yang ringan maupu yang berat.

 

Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Prinsip ini sangat penting untuk kita terapkan dalam mencegah tertular penyakit yang disebabkan oleh virus. Perlu bagi kita untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan PHBS, kita dapat terhindar dari banyak jenis penyakit dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya yang tidak perlu untuk pengobatan.  Adapun yang termasuk dalam PHBS adalah:

  1. Menggunakan air bersih. Air yang terkontaminasi kotoran manusia dapat menjadi sarana penyebaran virus seperti Hepatitis A, Rota virus dan enterovirus. Penting untuk menjaga sumber air kita tidak terkontaminasi, terutama bila menggunakan sumur serapan.
  2. Menggunakan jamban yang sehat. Menggunakan jamban yang sehat juga dapat mencegah penyebaran virus penyebab Hepatitis A, enterovirus dan rotavirus.
  3. Jauhi seks bebas dan perilaku seks beresiko. Beberapa virus penyebab penyakit berbahaya ditularkan melaui hubungan seksual misalnya HIV, Hepatitis B, HPV.
  4. Rutin mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun masih merupakan salah satu cara yang murah dan efektif untuk mencegah penularan penyakit, termasuk yang disebabkan oleh virus. Cuci tangan dengan sabun harus dilakukan paling tidak pada saat selesai menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan.
  5. Berolahraga. Olahraga membantu tubuh kita menjadi bugar, sehingga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dalam menangkal infeksi virus.
  6. Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayur secara alami mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menangkal infeksi virus. Vitamin yang terkandung secara alami dalam buah dan sayur jauh lebih baik di bandingkan yang sintetis.
  7. Tidak meludah atau membuang dahak/ingus sembarangan. Ludah,dahak atau ingus dapat menjadi media penyebaran virus. Dengan tidak membuang ludah, dahak ingus sembarangan, qt menghormati hak org lain untuk sehat.
  8. Tidak merokok. Rokok dapat menurunkan kemampuan sistem daya tahan tubuh dalam menghadapi infeksi virus. Bahkan perokok pasif juga bisa mengalami hal yang sama, bahkan lebih berat daripada perokok aktif!
  9. Berantas sarang nyamuk dengan 3 M . Virus dengue dapat menyebabkan penyakit Demam Berdarah yang dapat berakibat fatal. Dengan menerapkan 3M (Menguras bak mandi, Menutup tempat penampungan airdan Mengubur barang2 bekas) membantu kita terhindar dari infeksi virus yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti ini.
  10. Hindari jajanan-jajanan yang tidak bersih. Jajanan yang tidak bersih, terpapar sampah, diolah dengan bahan yang tidak bersih atau dihinggapi lalat, sangat mungkin telah terkontaminasi oleh banyak virus penyebab penyakit.

Masih banyak aspek perilaku hidup bersih dan sehat lain nya yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan PHBS akan membantu kita terhindar banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus. Namun ada pula aspek-aspek khusus yang perlu kita bahas secara lebih mendalam pada kesempatan yang akan datang. Kesimpulan yang dapat kita ambil kali ini adalah : meskipun infeksi virus, tampak begitu menakutkan dan mudah sekali menyebar, beberapa tidak dapat diobati dan bahkan dapat menyebabkan kematian, namun infeksi virus dapat dicegah. Dan pencegahan nya tidak membutuhkan biaya yang mahal ataupun prosedur yang rumit, cukup dengan membiasakan diri memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Maka, mari kita mulai Hidup Bersih dan Sehat.

 

http://ancataniaga.blogspot.co.id/

http://sepakatmedikaptk.blogspot.co.id/p/pencegahan-lebih-baik-daripada-mengobati.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.